Ayam Betutu Khas Bali


Halo guys  ! salam  sejahtera  dan semoga teman - teman dalam keadaan sehat yah. amin. Teman – teman kali ini saya ini menulis tentang wisata kuliner yang berada di Bali. Dibuat untuk menyorot salah satu makanan khas Bali yaitu ayam betutu.  Berlibur ke pulau Dewata tidak terasa lengkap bila tidak mencicipi wisata kuliner ayam betutu yang cukup terkenal ini.  Ayam betutu yang begitu populernya nya pun rasanya tak boleh ketinggal untuk dicoba karena makanan ini banyak dijumpai dan dijual di seluruh daerah di Bali. 
 
Nasi Campur


Menu Makanan yg Tersedia


Ayam Betutu Panggang
 
Sebenarnya saya tidak sengaja menemukan warung makan ini saat saya mencari makan untuk sarapan dengan teman saya setelah kami Jogging di Lapangan Alit Kabupaten Tabanan. Kami melewati jalan diponegoro menggunakan motor dengan mengamati kanan kiri jalan berharap ada warung makanan halal dan menarik  untuk kita santap.Pada akhirnya di sisi kiri jalan ada Warung Makan Biang Koripan yang menjual makanan ayam betutu  dan berlabel halal.  Kami cukup tertarik  untuk mencoba makanan ditempat tersebut.  
Ayam Betutu adalah masakan kebanggaan masyarakat bali, biasanya dibuat dari daging bebek atau ayam yang dibungkus daun pisang, lalu dibungkus dengan pelepah pisang sehingga rapat,  untuk nasi campur yang tersaji di warung makan ayam betutu biang koripan , menu makanan disajikan diatas piring rajutan bambu dan beralaskan kertas minyak. Makanan ayam betutu memiliki deskripsi ayam yang diungkep dengan bumbu – bumbu seperti sereh, cabe, bawang putih, bawang merah, jahe, laos, kunyit, ketumbar, terasii, gula dan garam – garam yang diblender dan ditumis sebentar. Nasi campur disajikan dengan komponen ayam betutu dengan  nasi putih, terdapat taburan bawah merah yang dicampur dengan potongan cabe, sambal matah,  sate lilit, sayuran urap dan kuah ayam betutu

Suasana Warung Makan Biang Koripan Tabanan

Suasana Warung Makan Biang Koripan Tabanan


Nah, salah satu tempat makan buat mencicipi kelezatan kuliner khas Bali itu adalah ayam betutu panggang biang koripan, anda bisa mengunjunginya di jalan diponegoro no 32, Tabanan. Warung makan tersebut buka dari pukul 08.00 sampai pukul 04.30 WITA, warung makan ini tidak hanya menyediakan ayam betutu saja, tetapi menyediakan juga  tipat kuah betutu,  bubur ayam betutu dan ayam betutu panggang. Untuk soal  harga makanan  yang disajikan menurut saya  cukup terjangkau, yaitu Rp. 10.000/ porsi kuah tipat, Rp. 10.000/ porsi bubur ayam betutu, Rp. 12.000/ porsi nasi campur.  

Warung makan ini memiliki design ruangan yang minimalis dengan bertema  nuansa wood (kayu) yang terlihat dari dinding bangunan berwarna serat - serat kayu  dan terdapat beberapa  meja serta kursi duduk yang berwarna serupa dengan dinding bangunan. Walaupun warung makan ini tidak luas tetapi tidak terasa panas karena didepan warung terdapat pohon

Ayam Betutu Panggang Siap di Kirim



Waktu saya mencicip masakan tradisional ini rasanya begitu nendang banget deh, sate lilitnya oke, tekstur daguing  sate nya yang lembut , daging ayam betutu nya juga gurih banget, bumbunya meresap sampai ketulang - tulangnya dan  apalagi bila  dicocol dengan sambal matah. Rasa kuah ayam betutunya segar dengan rasa rempah-rempah yang mendominasi pun nikmat bila dicampur dengan nasi putih. Kalau kata saya sih, ini bukan sekedar spinning kick alias tendangan putar !! (agak lebay gue yah ) haha. 



Nasi Campur

Warung ini juga menyediakan pesanan antar dalam hal pesanan nasi kotak loh. Masih ada banyak menu lain yang belum saya cicipi di warung ini seperti tipat kuah betutu, dan bubur ayam betutu nya. Tapi itu bisa nanti saya kembali lagi kesini, udah ketagihan deh dengan masakan tradisional disini. Warung makan ini cocok  untuk dikunjungi baik berpergi sendiri maupun dengan teman atau keluarga. Selamat mencoba Guys. 

Instagram : made_agungg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PESONA WISATA BUDAYA MUSEUM SUBAK BALI

KEINDAHAN CANDI BOROBUDUR