Taman Surga Butterfly Park Tabanan Bali

Hai sobat ku yang terkasih, tidak terasa sudah 3 hari tidak menulis blog,kebetulan hari ini saya ada waktu luang untuk menulis di  blog saya lagi. Pada kesempatan ini saya akan menulis blog tentang tempat wisata yang bernuansa binatang yaitu Bali Butterfly Park.  Bagi anda yang merasa bosan berwisata ke obyek – obyek alam seperti pantai, gunung, danau atau sebagainya, lokasi ini sebagai pilihan yang tepat untuk anda nikmati. Obyek Wisata yang berlokasi di Kabupaten Tabanan, Jurusan Gunung Batu Karu, tepatnya di di Banjar Sendan, Wanasari  ini cukup menarik dan patut untuk dikunjungi karena keindahan Binatang kupu – kupu yang dimilikinya, tidak hanya kupu – kupu yang dapat kita lihat tetapi terdapat juga serangga belalang kayu biru, belalang daun, dan laba – laba beracun seperti tarantula pun dapat kita lihat di Butterfly Park. Mengenal dan melastarikan binantang tersebut penting untuk pengetahuan ilmiah maupun sebagai studi pendidikan di masa mendatang. Tentunya, wisata ini sangat bagus untuk pengetahuan anak - anak untuk mengenal berbagai jenis spesies binatang kupu - kupu  dari seluruh Indonesia   yang dikumpulkan  di taman ini. 


Another Pool 

Dalam sejarahnya, taman ini sudah berdiri sejak  bulan oktober tahun 1993,mempunyai luas total 1 Ha dan dilengkapi dengan Netting Area (ruang jaring kupu – kupu) seluas 37000 m3. Hanya terdapat 2 Taman Kupu – Kupu di Provinsi Bali yaitu di Kabupaten Tabanan dan Kabupaten Gianyar. Popularitas tempat wisata edukasi yang satu ini memang kalah jauh dibandingkan dengan destinasi wisata lain di Bali ataupun Tabanan. Tidak heran kalau kondisi yang akan dijumpai di bagian luar taman ini pun kurang begitu terawat, tetapi menurut saya tetap recommended kok sobat untuk dikunjungi. 

Binatang mungil ini yang memiliki sisik di sayapnya dengan berbagai warna  memang sengaja dilakukan penangkaran untuk melestarikan dan menjaga spesiesnya. Untuk  mengunjungi obyek wisata Butterfly Park ini dapat ditempuh dalam waktu 1 jam 25 menit dari kota Denpasar, jika anda berada di kota Tabanan dapat ditempuh dalam waktu 15 menit. Untuk memasuki wisata ini anda cukup membayar tiket masuk dengan harga Rp. 20.000/orang, cukup terjangkau kan guys ? . Saat masuk ke kawasan tersebut anda akan meilihat design Taman Kupu – Kupu yang ditumbuhi banyak tanaman asoka sebagai penyedia makanan untuk penghuni taman, dan berbagai  jenis tanaman bunga yang memiliki warna yang  sangat beragam, penangkaran ini terlihat semakin indah dengan adanya kolam ikan yang di design dengan sangat apik yang ditumbuhi dengan beberapa tanaman air seperti teratai.

Pool in Butterfly Park 

Fakta yang didapatkan dari kupu – kupu antara lain binatang tersebut memiliki masa hidup yang cukup singkat yaitu ± 1 – 2 minggu, selama masa hidupnya kupu – kupu melewati fase metamorfosis yang cukup menarik dari telur –ulat – kepompong – kupu – kupu. Saat dalam fase menjadi ulat, ia akan membutuhkan nutrisi untuk menunjang hidupnya dengan memakan daun pohon jambu. Setelah menjadi kupu – kupu, ia akan terlihat sangat indah dengan memiliki bentuk sayap  yang bervariasi dengan motif warna yang beragam, ia siap untuk terbang. Kupu – kupu tersebut memiliki mulut yang panjang dan fungsinya untuk menghisap makanan atau nektar dari bunga yang tumbuh di taman tersebut, mulut tersebut dinamakan probosis.
Kupu - Kpu yang Hnggap di Tangan

Sobat juga akan menjumpai binatang belalang daun dan belalang kayu biru. Binatang tersebut termasuk binatang yang cukup langka  untuk ditemui di zaman era modern ini. penampilan  belalang  daun  tersebut cukup unik karena memiliki bentuk yang sangat menyerupai , tetapi belalang kayu biru memiliki  badan yang lebih panjang daripada belalang daun, memiliki kaki yang panjang dan ramping serta memiliki warna hijau dengan gradasi warna biru di badannya.  Kedua binatang tersebut sama – sama memakan daun jambu untuk bertahan hidup. Uniknya binatang tersebut tidak menggigit loh jika dipegang dan dapat ditempatkan di baju anda jika ingin mengambil foto dengan binatang unik tersebut.
Museum Butterfly Park

Rumah Belalang Daun dan Belalang Kayu Biru 

Taman Kupu – Kupu juga memproduksi aneka kerajinan yang terbuat dari bermacam – macam serangga seperti : bingkai kupu – kupu, bingkai kumbang, gantungan kunci yang terbuat dari serangga, sandal dengan design kupu – kupu, baju khas bali dan lukisan kupu – kupu.Taman ini hanya buka dari pukul 8.00 WITA s/d 17.00 WITA. Setelah membaca uraian di blog ini, taman  kupu – kupu ini bisa menjadi tempat untuk berlibur dan melepas kejenuhan. Selain untuk tempat refreshing, anda juga mendapatkan pengetahuan tentang binatang – binatang yang ada disini J . Semoga blog ini bermanfaat untuk sobat sebagai referensi wisata .




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ayam Betutu Khas Bali

PESONA WISATA BUDAYA MUSEUM SUBAK BALI

KEINDAHAN CANDI BOROBUDUR